Senin, 14 November 2016

Daur Ulang Sampah Organik Menjadi Pupuk

      Sampah organik seperti potongan rumput liar dan daun yang sering ada di sekitar kita bisa menjadi suatu peluang usaha yang menguntungkan. Daripada harus pusing melihat tumpukan sampah daun dan rumput yang menggunung serta bingung untuk membuangnya lebih baik di daur ulang menjadi pupuk kompos.
Pupuk kompos selain bisa digunakan sendiri untuk tanaman hias, bunga maupun buah-buahan juga bisa dijual di pasaran dengan harga yang cukup kompetitif. Silakan simak tulisan kali ini yang membahas tentang pembuatan daur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos sebagai suatu bisnis sampingan yang menguntungkan.
Daur Ulang Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos
Cara Pembuatan Pupuk Kompos
Siapkan drum/tong dengan ukuran yang memadai untuk tempat sampah organik lengkap dengan penutupnya. Bagian bawah harus diberi lubang secukupnya sebagai saluran pembuangan cairan.
Masukan sampah daun-daunan, rumput, potongan sayur mentah, ampas teh/kopi, kertas, atau potongan/serpihan kayu yang ukurannya kecil kedalam tong tersebut. Material sampah diatas tersebut dipilih karena mudah membusuk. Potongan dahan, ranting, batang kayu dengan ukuran besar sebenarnya bisa digunakan tetapi akan memakan waktu lama dalam proses pembusukannya.
Langkah berikutnya setelah semua sampah tersebut dicampur rata di dalam drum/tong adalah siram dengan air secukupnya agar lembab setelah itu tutup bagian atasnya dengan rapat untuk menghindari air hujan. Tong kompos tersebut harus diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Proses pembusukan oleh mikro organisme akan lebih cepat jika memiliki suhu hangat.
Proses pembusukan sampah organik tersebut bisa didiamkan saja atau bisa juga diaduk-aduk agar proses pengkomposannya merata. Waktu pembusukan yang dibutuhkan lebih kurang antara 4 hingga 8 minggu bahkan bisa lebih. Sampah organik yang sudah menjadi kompos itu bisa dikatakan sempurna jika sudah berwarna kehitaman serta tercium bau tanah.
Setelah pupuk kompos benar-benar matang langkah terakhir adalah dengan menjemurnya agar tidak terlalu basah dan potong dengan cara dicacah lembut agar mudah digunakan serta layak di jual di pasaran dalam kemasan plastik.
Pupuk Kompos Siap Jual
Setelah anda mendapatkan pupuk kompos yang sudah matang maka langkah berikutnya adalah memasukan dalam kemasan. Anda bisa menggunakan kemasan per kilo atau per 25 kilo tergantung target pasar yang di inginkan. Harga pupuk kompos dipasaran unttuk tahun ini pada kisaran 12.000-15.000 untuk kemasan per zak plastik 25 kilo (berat kompos 5 kg).
Penjualan pupuk kompos bisa anda lakukan secara tradisional dengan menawarkannya ke pemilik kebun, tanaman buah-buahan, tanaman hias, kebun sayuran, hingga ke toko-toko pertanian. Namun untuk menekan biaya operasional lakukan penjualan secara online melalui beberapa media online.
Agar harga yang dijual lebih bersaing, Anda harus melakukan riset pasar. Gunakan trik jual menggunakan kuantitas. Turunkan harga untuk pembelian pada jumlah-jumlah tertentu dan tentu saja dibawah harga kompetitor. Kalkulasikan semua agar anda tetap mendapatkan keuntungan yang sesuai walau menjual pupuk kompos dengan harga yang murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar