Selasa, 15 November 2016

Cara Mempertahankan Kesuburan Tanah

      Tanah merupakan bagian terpenting di Bumi yang menjadi tempat manusia, hewan, dan tumbuhan hidup. Di berbagai belahan dunia karakteristik tanah sangat berbeda menyesuaikan iklim dan cuaca. Indonesia yang terkenal sebagai negara djengan tanah tersubur menjadi satu keuntungan dimana berbagai macam tanaman bisa ditanam di Indonesia. Namun, saat ini kualitas tanah sedikit berkurang karena semakin banyaknya penggunaan pupuk kimia yang sangat merugikan bagi kesuburan tanah jangka panjang. Untuk mencegah kerusakan, harus ada Cara Mempertahankan Kesuburan Tanah agar nantinya masih bisa digunakan oleh anak cucu kita. Lalu bagaimana cara menjaga kesuburan tanah yang benar?

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesuburan tanah:

Lakukan Pemupukan Tanah Menggunakan Kompos

Melakukan pemupukan tanah atau menambah tanah dapat menjaga kesuburan tanah. Pupuk yang digunakan harus berasal dari alam atau organik, dan bahan-bahannya bisa Anda gunakan dari kotoran hewan atau berbagai jenis tanaman yang sudah mati. Setiap tahun unsure kesuburan dalam tanah semakin menurun, maka dari itu perlu dilakukan upaya untuk menambahnya dengan tanah baru.

Lakukan Penggemburan Tanah

Cara Mempertahankan Kesuburan Tanah bisa dilakukan dengan melakukan penggemburan tanah memakai alat berupa sekop. Tanah yang sudah lama tidak digunakan untuk bercocok tanam akan kehilangan unsure hara, maka dari itu melakukan penggemburan tanah sangatlah penting.

Hilangkan Gulma

Tanaman liar seperti rumput liar atau gulma sangat mengganggu kesuburan tanah. Tanaman yang tidak memiliki manfaat dan cenderung memperburuk kesuburan bisa dihilangkan. Gunakan peralatan modern seperti stirng trimmer atau bisa menggunakan gunting rumput, untuk memudahkan menghilangkan gulma Anda bisa menggunakan cangkul dan balik tanah yang semula di atas pindah kea rah bawah.

Menyiram Air Secara Rutin

Melakukan penyiraman tanah menggunakan air sangatlah penting untuk menjaga kesuburan tanah. Nantinya kandungan hara dalam tanah akan tetap terjaga, selain itu Anda bisa menambahkan tanaman kecil seperti tomat atau cabai untuk menjaga unsure hara dalam tanah.

Mengganti Jenis Tanaman

Jika sudah ditanami usahakan untuk mengganti tanaman agar nanti unsur hara dalam tanah bisa bertambah seiring dengan pergantian tanaman. Jika hanya menanam satu jenis tanaman saja maka tanah akan jenuh sehingga unsur hara akan berkurang dari tahun ke tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar